3 Peluang Bisnis Untuk Pelajar

Peluang Bisnis Pelajar
Gambar dari indonesiabisnis.net

Pemanfaatan internet dari tahun ketahun terus meningkat. Apalagi kini akses internet bisa diakses dengan mudah melalaui perangkat mobile. Sekarang yang sedang ngetren adalah bisnis online.

Apa sih bisnis online itu?

Bisnis online merupakan sebuah usaha untuk mencari laba melalui jual beli barang atau jasa namun dengan cara online. Online disini diartikan memanfaatkan jaringan internet untuk melakukan bisnis tersebut. Sampai sekarang telah banyak sekali jenis dari bisnis online, tetapi tidak semua bisa kita lakukan untuk kita yang masih pelajar. Namun tak ada salahnya jika kita berusaha, selagi kita masih mudah terus berusaha dan berusaha agar kita bisa.

1. Menjual karya tulis
Menulis merupakan salah satu hal yang paling sering dilakukan pelajar. Jangan sia-siakan kegemaran untuk menulis dan jangan biarkan karya tulis kita terbuang begitu saja. Sekarang telah banyak media yang bisa menampung karya tulis kita. Karya tulisnya bisa berupa cerpen, opini, puisi dan sebagainya. Salah satu media yang siap untuk menampung karta tulis kamu adalah kompas dan media cetak lainnya.

Eits, jangan kegirangan dulu. Karya tulis yanf kamu kirim tidak langsung berubah menjadi uang, namun karya tulis yang kita kirim akan diseleksi terlebih dahulu oleh redaksi media calon penerbit karya kamu. Jika karya kamu lolos maka karya mu akan dihargai. Biasanya karta tulis kamu bisa dihargai mulai ratusan hingga jutaan rupiah.

2. Memanfaatkan Blog
Sebagian dari kamu mungkin punya kegemaran menulis atau berbagi di blog. Namun pasti kamu belum pernah berfikir untuk memanfaatkan blog kamu. Mulai sekarang kelola blog kamu dengan serius karena itu bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah ke kantong kamu.

Dengan memanfaatkan blog, kamu bisa menjadi publisher atau penerbit iklan diblog kamu. Di internet ada banyak sekali yang menawarkan untuk menerbitkan iklannya dengan bermacam-macam juga jenis bayarannya. Ada salah satu perusahaan besar yang menawarkan kerja sama periklanan terbesar, Google. Perusahaan multinasional Amerika Serikat ini mempunyai sebuah program bernama Google Adsense. Program ini menawarkan kamu untuk menerbitkan iklannya di blog kamu dan setiap iklan tersebut diklik oleh pengunjung blog, mama kamu akan menjadi uang, dalam dunia bisnis online sistem ini disebut PPC (Pay Per Click).

Sedikit cerita, sudah ada banyak orang yang sukses dengan program ini, Eka Lesmana salah satunya. Mantan tukang angon bebek ini berhasil mengantongi belasan ribu dolar Amerika Serikat setiap bulannya. Namun lagi-lagi kita harus bersungguh-sungguh, karena semakin baik kualitas blog kamu maka akan semakin banyak pun yang ingin menjadikan blog kamu sebagai tempat periklanan mereka.

3. Menjadi Dropshipper
Mungkin kamu sudah pernah mendengar apa itu Dropship. Jika kamu belum tahu, Dropship adalah sebuah sistem penjualan yang dilakukan secara online dimana penjual/pengecer tidak memerlukan modal yang besar atau memiliki produk sendiri. Jadi di bisnis yang satu ini kamu tidak memerlukan modal yang besar dan tentunya cocok untuk para pelajar seperti kita.

Lantas, dari mana kita bisa memasok barang? Nah, disini kamu bisa memilih sendiri supplier atau pemilik barang untuk stok barang. Sudah banyak yang menawarkan di internet, namun saran saya saja lebih baik carilah supplier offline disekitar kamu karena ini lebih aman. Jika memang kamu memilih supplier di internet carilah supplier yang sudah terpercaya.

Bisnis dropship ini tidak sama seperti reseller, jika reseller kamu harus memberi barang ke penjual aslinya kemudian kamu menjualnya kembali ke konsumen kamu. Dropship mempunyai sistem yang bisa dibilang mudah karena tidak perlu kesana kemari untuk mengirim barang ketika ada seorang konsumen yang membeli barang, kamu tinggal melanjutkan pembayaran ke supplier kamu agar barang dikirim ke konsumen kamu.

Tentunya bisnis yang satu ini mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kelebihannya kamu bisa melakukan bisnis ini dimana saja. Dengan bermodalkan jaringan internet dan juga gadget yang kamu miliki, kamu sudah bisa menjalankan bisnis ini. Untuk kekurangannya adalah keuntungan yang relatif kecil, namun tenang saja asalkan kita punya tekad yang kuat kita bisa meraup banyak keuntungan. Seperti pepatah, sedikit sedikit lama-lama menjadi bukit.

Apakah hanya tiga saja bisnis yang bisa dilakukan pelajar? Tidak, masih ada banyak sekali bisnis yang bisa kamu lakukan. Tergantung bagaimana kamu bisa melihat peluang disekitar kamu. Mulai sekarang kamu bisa menemukan bisnis yang cocok untuk kamu. Kurangi bermain media sosial dan kita yakin pelajar bisa bisnis.